YANDEX

 Pengertian:


Yandex adalah salah satu mesin pencari yang populer di dunia saat ini. Popularitasnya pun tidak main-main bahkan mampu bersaing dengan search engine raksasa lain seperti Google, Yahoo, Baidu, dan Bing. 


Beberapa negara yang menggunakan Yandex adalah Rusia,Ukraina, Turki, hingga Kazakhstan. Di Indonesia, pengguna search engine ini pun semakin tinggi. Hal ini tidak terlepas dari adanya fitur menarik yang bisa kamu gunakan. 


Apa Itu Yandex? 


Yandex adalah sebuah mesin pencari atau search engine yang merupakan buatan Rusia. Lebih tepatnya, Yandex NV adalah perusahaan raksasa dari Rusia yang memang memfokuskan layanan mereka pada bidang internet. 


Istilah Yandex sendiri merupakan singkatan dari Yet Another Indexer. Cara kerjanya sangat mirip dengan Google. kamu bisa menggunakan mesin ini untuk mencari informasi berdasarkan suatu kata kunci di internet. 


Meski begitu, ada satu hal yang membedakan search engine ini dengan para pesaingnya. Pembedanya terletak pada teknologi location based search yang membuat hasil pencarian akan menyempit berdasarkan lokasi pengguna. 


Misalnya, kamu menggunakan mesin ini di Rusia, maka hasil yang muncul akan lebih relevan dengan negara tersebut. Jadi meski ada 2 orang yang mencari keyword yang sama, tapi hasilnya bisa berbeda jika lokasi dari dua orang itu berbeda. 


Inilah yang membuat hasil pencarian jadi lebih spesifik. Selain itu, Yandex juga sering menjadi pilihan search engine untuk mencari informasi yang tidak bisa Google tampilkan. Ini juga yang menjadi asal muasal dari Yandex dalam bahasa gaul. 


Banyak pengguna internet yang kini sering menggunakan istilah “Aku mau Yandex!”. Artinya, orang tersebut akan menggunakan search engine Yandex. Tujuannya mencari informasi yang tidak bisa mereka temukan di Google. 




Rilis:23 september 1997




Penemu:Arkady volozh dan ilya segalovich




Kelebihan Yandex:


Ada beberapa hal yang membuat mesin pencari ini unggul. Inilah beberapa kelebihan tersebut: 


a. Fitur Tergolong Lengkap 


Salah satu kelebihan dari Yandex adalah fiturnya yang terbilang lengkap. Dengan mesin ini, kamu bisa mengakses banyak informasi dengan mudah dan cepat. Mulai dari mencari gambar, video, translate bahasa tertentu, dan lain sebagainya. 


b. Hasil Pencarian yang Spesifik 


Karena berdasarkan lokasi pengguna, informasi yang mesin ini tampilkan juga lebih spesifik dan relevan. Sangat bermanfaat jika kamu membutuhkan data yang relevan dengan lokasi pencarian. 


c. UI (User Interface) Sederhana 


Satu hal yang juga membuat search engine ini unggul adalah tampilan interfacenya yang sederhana. Jadi meski kamu baru saja akrab dengan mesin ini, tidak akan sulit menggunakannya karena sama mudah dengan Google atau yang lainnya. 


d. Hasil Pencarian Bahasa Rusia yang Lebih Akurat 


Karena memang berbasis Rusia, mesin pencari ini memiliki kelebihan dari segi bahasa. Yandex bisa memberikan informasi pencarian bahasa Rusia yang jauh lebih detail daripada search engine lainnya. 




Kekurangan Yandex:


a. Web Crawler Belum Terlalu Canggih 


Pertama, teknologi web crawler dan algoritma yang ada pada Yandex belum secanggih Google. Jadi meski bisa menampilkan informasi terkait dengan lokasi, tapi ada juga informasi yang kurang relevan. 


b. Belum Lengkap 


Kekurangan lain dari search engine ini adalah database informasi yang masih belum terlalu lengkap. 


c. Bahasa Default 


Salah satu kekurangan terbesar dari Yandex adalah bahasa default program yang menggunakan bahasa Rusia. Jadi jika akan menggunakannya, kamu perlu melakukan konfigurasi ulang agar bisa digunakan sesuai kebutuhan. 


d. Waktu Pencarian 


Tidak hanya itu, waktu pencarian dari search engine yang satu ini juga terbilang lebih lambat daripada yang lain. Inilah yang membuat pengguna harus menunggu lebih lama agar informasi yang dicari bisa muncul.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitur Browser dan Fungsinya, Apa Saja? Simak Selengkapnya!

TORCH

OPERA