BAIDU

Pengertian: 


Baidu merupakan perusahaan layanan web yang berpusat di Kampus Baidu yang terletak di Distrik Haidian, Beijing, RRC. Baidu menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam aksara Mandarin. Layanan kitas dan pencarian yang ditawarkan sebanyak 57 jenis termasuk di antaranya Baidu Baike, sebuah ensiklopedia yang dibangun secara kolaboratif.




Rilis: 18 Januari 2000




Penemu: Robin Li dan Eric Xu 




Kelebihan: 


1. Kemampuan searching.


Baidu adalah aplikasi internet yang paling banyak digunakan di Cina. Juga, sepertinya masih ada banyak ruang bagi aplikasi ini untuk bertumbuh. Pertimbangkan juga bahwa konsumsi internet di antara penduduk China masih di bawah angka 35%.


Pada saat yang sama, Baidu terus meningkatkan pangsa pasarnya di pasar search engine, dan sekarang berada di angka 75,8%.


2. Monetisasi. 


Baidu memiliki model bisnis yang sangat skalabel, yakni pemilik bisnis dapat dengan mudah membeli dan menargetkan iklan di sistem tersebut. Faktanya, hanya sebagian kecil dari jutaan bisnis China yang menggunakan pemasaran pencarian berbayar.


3. Ekspansi. 


Dengan basis pengguna yang besar, Baidu mencari cara untuk menawarkan lebih banyak layanan kepada pengguna. Untuk tujuan ini, perusahaan tersebut telah menjadi agresif saat berinvestasi dalam hal penelitian & pengembangan. Kemungkinan juga akan ada lebih banyak akuisisi yang akan dilakukan oleh Baidu.


Salah satu peluang besar adalah industri smartphone. Selama beberapa tahun terakhir, Baidu telah bekerja keras untuk menciptakan teknologi baru dalam kategori ini. Misalnya, sekitar 80% ponsel berbasis Android di China menggunakan search engine Baidu.




Kekurangan: 


1. Adanya kompetisi. 


Pada tahun 2010, Google telah meninggalkan pasar Cina. Meski begitu, Baidu masih harus menghadapi rival sengitnya. Beberapa perusahaan yang paling mengancam eksistensinya meliputi Alibaba dan Tencent. Perusahaan-perusahaan ini memiliki basis pelanggan yang besar dan mencari pasar pencarian berbayar yang menguntungkan. Bahkan Microsoft masih menjadi pemain di pasar Cina.


Juga, munculnya perusahaan jejaring sosial, seperti Renren, bisa menjadi kompetitornya. Faktanya adalah Baidu lambat untuk menambahkan fitur jejaring sosial ke platformnya.




2. Valuasi. 


Saham Baidu diperdagangkan pada level 95 kali lipat pendapatan. Masalahnya adalah akan sangat sulit untuk mempertahankan tingkat pertumbuhannya yang besar. Dengan kata lain, mungkin ada koreksi serius pada sahamnya jika terjadi masalah kecil sekalipun.




3. Harga. 


Iklan di Baidu jauh dari kata murah. Meskipun hal ini membantu meningkatkan pendapatan, harga yang mahal dapat mempersulit peningkatan basis penggunanya 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitur Browser dan Fungsinya, Apa Saja? Simak Selengkapnya!

TORCH

OPERA